PENDIDIKAN BERBASIS PERPUSTAKAAN:
PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Oleh: Indah Wijaya Antasari
PENDAHULUAN
Keberadaan perpustakaan sekolah di seluruh sekolah adalah sebuah
keharusan, seperti pentingnya kegiatan membaca dalam proses belajar mengajar.
Pengelolaan
perpustakaan adalah hal yang sangat penting untuk dilaksanakan setelah sebuah
perpustakaan itu didirikan. Adapun
pelaksananya adalah kepala perpustakaan
atau guru pustakawan (guru yang ditunjuk untuk mengelola perpustakaan) yang
ditugaskan oleh kepala sekolah. Tujuan dari adanya penanggungjawab pengelolaan
perpustakaan ini adalah agar perpustakaan dapat berjalan dan berfungsi dengan
optimal.
Beberapa tugas penting pengelolaan perpustakaan menurut Sutarno NS (2006) antara lain
Beberapa tugas penting pengelolaan perpustakaan menurut Sutarno NS (2006) antara lain
1.
Menyiapkan rencana dan anggaran, terutama anggaran rutin tahunan dan
mengusahakan memperoleh persetujuan untuk dilaksanakan;
2.
Pengorganisasian pekerjaan;
3.
Penyediaan dan penyiapan pegawai serta sarana dan prasarana kerja;
4.
Menggerakkan para pelaksana agar rajin dan bersemangat kerja;
5.
Melaksanakan kerjasama dengan perpustakaan lain dalam rangka pemanfaatan
bersama koleksi dan sarana prasarana perpustakaan;
6.
Menjalin hubungan baik dengan atasan penyelenggaraan, pembinaan mitra
kerja, dan unit-unit kerja terkait lainnya;
7.
Mengawasi pelaksanaan rencana kerja dan penggunaan anggaran,
perlengkapan dan sarana prasarana kerja;
8.
Melakukan evaluasi terhadap rencana program, pelaksanaannya, penggunaan
sumber daya manusia dan sumberdaya perpustakaan, serta menyiapkan konsep
perbaikan dan peningkatan;
9.
Membuat dan memberikan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan program
kerja kepada atasan.
PERATURAN DAERAH
Perda Jateng
tentang Perpustakaan Sekolah Tertuang pada Bagian Tiga Pasal 21 yang isinya adalah:
1) Perpustakaan
Sekolah/Madrasah sebagaimana dimaksud dalam pasal 18 huruf c menyelenggarakan
perpustakaan yang memenuhi Standar Perpustakaan dengan memperhatikan Standar
Nasional Pendidikan.
2) Perpustakaan
Sekolah/Madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memiliki koleksi buku
teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan
yang bersangkutan dalam jumlah yang mencukupi untuk melayani pemustaka.
3) Perpustakaan
Sekolah/Madrasah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) mengembangkan koleksi lain
yang mendukung pelaksanaan
kurikulum pendidikan.
4) Perpustakaan
Sekolah/Madrasah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) melayani pemustaka
dilingkungannya.
5) Perpustakaan
Sekolah/Madrasah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi
informasi dan komunikasi.
6) Sekolah/Madrasah
mengalokasikan dana untuk Perpustakaaan Sekolah/Madrasah paling sedikit 5%
(lima persen) dari anggaran belanja operasional Sekolah/Madrasah atau belanja
barang diluar belanja pegawai dan
belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.
ANALISIS SWOT
Adapun dalam pendirian
perpustakaan sekolah ini, hendaknya difahami dan dikaji terlebih
dahulu apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan
atau biasa kita kenal dengan singkatan
SWOT.
Kekuatan
(Strenghten) dan Kelemahan (Weakness)
Kekuatan yang
dimiliki dapat berupa: SDM, koleksi, sarana/prasarana, pengunjung, mitra
kerja, anggaran. Namun yang
diperhitungkan sebagai kekuatan disini bukan hanya yang
bersifat materi namun juga
semangat guru pustakawan, jajaran guru
dan Kepala Sekolah adalah kekuatan yang
sangat besar yang dapat membuka adanya kekuatan-kekuatan baru yang lain.
Peluang
(Oportunity)
Masa anak-anak setingkat SD/MI merupakan anak yang belum faham manfaat yang
besar dari membaca dan masa-masa banyak
mencari tahu (penasaran) tentang sesuatu hal. Dalam hal ini perpustakaan
mempunyai peluang untuk menanamkan cinta ilmu pengetahuan dengan mengemas
sedemikian rupa sehingga membaca
menjadi kebiasaan dan kebutuhan
bagi siswa. Pada akhirnya dapat terbentuk komunitas baca yang cinta ilmu pengetahuan.
Tantangan (Threats)
Ada beberapa
tantangan yang menjadi perhatian,
seperti: minat baca yang rendah, citra perpustakaan yang belum
populer, teknologi yang maju (sehingga anak-anak lebih suka bermain dengan
gadget dalam HP daripada ke perpustakaan, dll.
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Peluang
|
Tantangan
|
|
SDM
|
||||
Pemustaka/
Pengunjung
|
||||
Koleksi
|
||||
Anggaran
|
||||
Dukungan
|
||||
dll
|
Dapat dibuat tabel
seperti diatas dan diisi dengan apa adanya sesuai keadaan sebenarnya, hal ini
akan berguna dalam menentukan langkah
selanjutnya.
*)pustakawan IAIN Purwokerto
0 Response to "PENDIDIKAN BERBASIS PERPUSTAKAAN: "
Terima kasih telah berkunjung, silakan meninggalkan komentar yang relevan ....